Profil Larry Ellison – Pemilik Oracle, Bisnis Raksasa Database Dunia — OrangTerkayaIndonesia.com

Larry Ellison atau yang mempunyai nama lengkap Lawrence Joseph Ellison lahir pada tanggal 17 Agustus 1944 di Manhattan, New York, Amerika Serikat. Beliau adalah pendiri sekaligus menjabat sebagai CEO dari perusahaan yang sudah tidak asing lagi namanya yaitu Oracle Corporation. Ia pernah menikah sebanyak 4 kali dan mempunyai 5 orang anak.

Keluarga

Larry Ellison lahir dengan sedikit kesedihan karena pada usianya yang baru menginjak 9 bulan, ia diadopsi oleh Lilian Spellman Ellison dan Louis Ellison. Ia sendiri bahkan tidak pernah mengenal nama ibunya apalagi untuk bertemu dengannya sampai umurnya 48 tahun. Dan ayahnya pun tidak diketahui siapa namanya dan dimana dia sekarang berada.

Ia pernah menikah sebanyak 4 kali dan mempunyai 5 anak. Ia menikah dengan Istri pertamanya bernamaAdda Quinn pada tahun 1967. Namun pernikahan itu tak berlangsung lama karena pada tahun 1974 Ellison harus bercerai dengan Adda. Kemudian pada tahun 1977 ia kembali menikah. Istri keduanya bernama Nancy Jenkins. Pernikahan keduanya juga berlangsung setahun saja karena pada tahun 1978 ia harus bercerai. Larry Ellison kemudia menikah lagi yang ketiga kalinya, kali ini dengan Barbara Boothe pada tahun 1983 sampai dengan 1986 dan dari pernikahan ketiganya ini, ia dikaruniai 2 orang anak yang bernama David danMegan. Lalu pernikahan terakhirnya pada tanggal 18 Desember 2003 dan istri keempatnya bernamaMelanie Craft. Melanie adalah seorang penulis novel dan yang unik di pernikahan keempatnya adalah photographer pernikahannya adalah Steve Jobs yaitu CEO dari Apple pada saat itu.

Pendidikan

Ellison bersekolah di Eugene Field yang berada di Utara Chicago lalu melanjutkan sekolah tingkat atas di Sullivian dan pindah ke Shore Selatan. Keluarga angkat dari Ellison bukanlah dari golongan atas. Ayah angkat Ellison hanya bekerja sebagai pekerja di pemerintah dengan gaji yang sedikit. Bahkan Ellison harus meninggalkan bangku kuliah pada akhir tahun kedua dia kuliah karena ibu angkatnya meninggal dunia. Kemudian Ellison pindah dari University of Illionis ke University of Chicago.

Bisnis dan Perusahaan

Larry Ellison bekerja di perusahaan Ampex Corporation pada tahun 1970. Pada saat itu Ellison mendapatkan sebuah proyek dari CIA yaitu proyek database dan proyek tersebut dinamai dengan “Oracle”. Kemudian pada tahun 1977, Ellison membuat perusahaan dengan nama Software Development Laboratories (SDL). Lalu pada tahun 1979 perusahaan tersebut berganti nama menjadi Relational Software dan kemudian berganti lagi menjadi Oracle.

Namun pada tahun 1990, perusahaan Oracle harus memecat 10% dari jumlah pegawai mereka yaitu lebih dari 400 orang karena mengalami kebangkrutan. Dan pada tahun itu, perusahaan IBM, pesaing Oracle, menjadi perusahaan yang paling laris di dunia dengan produknya mainframe database DB2 dan SQL/DS. Dan kemudian berlanjut pada tahun 1993, Oracle berada di bawah perusahaan Sybase. Hal ini dikarenakan perusahaan Sybase merupakan perusahaan yang tumbuh sangat cepat pada saat itu.

Pada bulan April 2009, akhirnya Oracle berhasil mengakuisisi Sun Microsystem dan Uni Eropa juga menyetujui akuisisi tersebut. Hal ini memperkuat posisi Oracle kembali.

Harta dan Kekayaan

Berkat usahanya mendirikan Oracle, ia menjadi deretan orang terkaya di dunia. Bahkan pada tahun 2009 gajinya mencapai 73.2 juta dollar. Pada tahun 2012, ia merupakan orang terkaya urutan nomor 6 di dunia versi Forbes dengan kekayaan mencapai 36 Milyar dollar AS.

Demikian biografi singkat dari Larry Ellison, semoga menginspirasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *