7 Bisnis yang Worth Trying buat Kamu Mahasiswa TI!

7 Bisnis yang Worth Trying buat Kamu Mahasiswa TI!

Kamu kuliah di jurusan Teknologi Informasi? Udah bisa apa aja, nih? Jangan cuma jadi mahasiswa kupu-kupu alias kuliah-pulang-kuliah-pulang. Bidang Teknologi Informasi (TI) itu sangat luas. Kamu bisa mulai bisnis sendiri sejak di bangku kuliah untuk tambahan uang jajan atau bekal masa depan. Ini dia, 7 Bisnis yang Worth Trying buat Kamu Mahasiswa TI!

1. E-Commerce

fM8XFLeVA EWazKoWIIbrw?a=yFeNqZYERtTQjC2saWYJi5IJyAWf2ubRMkaBXkppDb8a

E-Commerce via shineinfotech.com.au

E-commerce atau yang biasanya banyak dikenal sebagai toko online ini bisa jadi bisnis yang menggiurkan buat kamu baik di masa sekarang maupun yang akan datang. Di masa depan, bisnis jenis ini bakal merajai dari kegiatan jual beli. Lihat saja banyak toko online atau e-commerce yang mulai berdiri.

Kamu bingung masalah modal? Kemampuanmu di bidang TI adalah modalnya. Modal nggak selamanya berbentuk uang, kok. Kamu bisa memulainya dengan modal yang minim sekalipun. Kamu nggak harus mendirikan e-commerce yang langsung besar, mulailah dengan yang kecil-kecil dahulu.

Bingung barang apa yang mau dijual? Kamu bisa mulai dengan menjual barang-barang hasil reseller atau menjual barang kembali dari supplier-nya. Cobalah lihat sekitarmu, misalnya ada tetangga yang membuat kerajinan. Kamu bisa meminta izin untuk memasarkan kerajinan tersebut lewat toko online yang kamu kelola.

Sama dengan bisnis jual beli tradisional, bisnis e-commerce juga memerlukan keseriusan niat dan konsistensi yang stabil. Bila perlu, ajak teman yang kamu percaya untuk membangun bisnis bersama. Sebisa mungkin, teman yang kamu ajak memiliki bidang atau jurusan berbeda agar bisa saling melengkapi. So, tertarik untuk memulai bisnis e-commerce?

2. Desain Grafis

MY YgVySHhKzqHZqflHEvA?a=v6eo2WMVygA19XotYlkzhuRRnLbI2gGB96awg4Z27GQa

Desain Grafis via patartambunan.com

Berapa macam software desain grafis yang kamu kuasai? Kamu bisa mendapatkan uang dari kemampuanmu itu, lho! Mau dong, dapat uang? Selain itu, bisnis ini bisa juga untuk mengasah kemampuan mendesainmu. Kamu bisa memulainya dengan menjadi desainer grafis freelance di sebuah agen periklanan, misalnya.

Menjadi desainer grafis freelance memungkinkan kamu untuk bisa kerja di mana pun. Saat pulang kuliah atau sedang di kampus, Kamu bisa menyelesaikan pekerjaanmu ini. Banyak situs-situs internet yang menawarkan proyek freelance jika kamu juga rajin menelusurinya.

Jenis-jenis desain grafis yang bisa kamu jadikan bisnis antara lain desain logo, desain poster, desain undangan, dan masih banyak lagi. Mulailah dari yang mudah dan kamu sukai. Setelah menjadi freelance, kamu bisa mulai mendirikan usaha sendiri di bidang tersebut. Menyenangkan, bukan?

Modal untuk menjadi desainer grafis nggak terlalu mengeluarkan uang. Sebagai mahasiswa yang kuliah di jurusan TI, kamu pasti punya komputer atau laptop, dong. Yuk, mulai jadi desainer untuk nambah uang saku!

3. Programmer

gHArFxK4m Emu AiaKplDQ?a=tdB6W0Z0Kytm64uo76BRs5qbebdjuJa2CZIP0FKtIp8a

Programmer via geek.com

Kamu ahli pada suatu bahasa pemrograman tertentu? Mau dapat uang saku tambahan? Kamu bisa jadi programmer secara freelance. Sama dengan desainer grafis, programmer freelance mulai banyak disukai perusahaan atau perorangan yang ingin membuat suatu software. Alasannya, mereka tidak ingin pusing dengan tanggung jawab gaji, tunjangan, dan sebagainya.

Menjadi programmer freelance berarti kamu tidak terikat dengan siapa pun. Tidak terikat jam kantor dan semua hal yang mengaturmu. Kamu hanya perlu menyelesaikan proyek sesuai dengan permintaan dan uang pun akan datang dengan sendirinya.

Masalah modal juga nggak terlalu besar, kok. Dengan modal kemampuan dan seperangkat komputer, kamu sudah bisa terjun di bidang ini. Selain dapat uang, kamu juga bisa mengasah kemampuan kodingmu. Kamu tertarik jadi programmer freelance?

4. Blogger

Seorang Blogger via pelangiblog.com

Menjadi seorang blogger memang bukan harus dia yang kuliah jurusan TI. Namun, kemampuanmu dapat mempermudah menjadi seorang blogger. Blogger kan harus pintar menulis? Nggak juga, kok. Kamu sudah berapa tahun sekolah? Pastinya sudah bisa menulis, dong?

280px” data-ad-client=”ca-pub-3272026040582224″ data-ad-slot=”4639849532″>

Kebanyakan blogger mendapatkan penghasilan dari iklan. Namun, dengan kemampuan TI-mu kamu bisa dapat uang selain dari iklan. Kamu bisa menampilkan karya-karyamu seperti pada bidang pemrograman, desain grafis, dan bidang TI lainnya. Jika karyamu bagus dan banyak disukai, maka kamu bisa dapat penghasilan yang berlipat ganda.

Menjadi blogger cuma bermodal domain dan hosting, lho. Gampang, kan? Selain tempat ajang pameran karyamu, menjadi seorang blogger juga bisa melatih kemampuan menulismu. Semakin terbiasa menulis, secara tidak langsung kamu juga akan semakin mudah untuk menarik minat para pembaca. Yuk, jadi blogger!

5. SEO

SEO via initiontechnology.com

SEO (Search Engine Optimization) merupakan pengoptimalan peringkat sebuah situs internet pada mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo!. Kamu tahu, dong, jika mencari sesuatu, misalnya di Google, akan menemukan situs tertentu di halaman pertama? Sebuah website bisa bertengger di halaman pertama adalah berkat seseorang yang bekerja di bidang SEO.

SEO banyak dibutuhkan oleh pemilik-pemilik situs. Jika Kamu memiliki kemampuan dan pengalaman di bidang ini, kamu bisa dapat banyak uang. Kamu bisa memulai bisnis ini sebagai seorang freelancer. Dengan menjadi freelancer, jadwal kuliahmu tidak akan terganggu.

Menjadi ahli SEO juga membutuhkan modal uang yang minim. Kamu bisa mencoba di situs-situs yang menyediakan proyek-proyek freelance. Untuk menguji kemampuanmu terlebih dahulu, kamu bisa mengikuti lomba-lomba SEO yang banyak diadakan oleh situs-situs tertentu.

6. Domain & Hosting

Domain & Hosting via tiptopdomains.net

Kamu pasti tahu, dong, domain dan hosting? Bisnis ini bisa kamu coba untuk mengisi kegiatan selain kuliah. Berbisnis domain dan hosting, kamu nggak harus membuat server sendiri. Di luar negeri sana, banyak server yang disewakan untuk bisnis ini. Nah, kamu bisa memulainya dari situ.

Biaya sewa server untuk hosting bermacam-macam, tergantung space-nya. Kamu bisa memulainya dari yang tidak terlalu besar terlebih dahulu. Untuk domain mudahnya, kamu bisa menjadi reseller domain, terlebih dari penyedia yang terkemuka.

Bingung di mana harus menjual domain dan hosting? Kamu bisa menjualnya secara online, guys. Selain itu, kamu bisa menjualnya ke teman-temanmu yang menjadi blogger atau sekadar untuk tugas kuliah. Tawarkan domain dan hosting-mu dengan harga yang menarik kepada mereka. Kamu bisa coba bisnis ini sendiri atau bekerja sama dengan teman.

7. StartUp

StartUp via qontak.com

Memiliki perusahaan adalah impian semua orang. Kamu bisa memulainya dengan mendirikan sebuah startup. Banyak startup yang didirikan oleh CEO-nya sejak mereka duduk di bangku kuliah. Di Indonesia pun mulai banyak bermunculan startup dengan berbagai ide menarik.

Untuk memulainya, kamu bisa mengumpulkan teman-temanmu yang memiliki keinginan serupa. Usahakan dengan kemampuan dan jurusan yang berbeda-beda. Temukan ide-ide menarik yang mungkin bisa diwujudkan. Bisa dimulai dengan hal-hal sederhana yang belum terselesaikan.

Modal yang dibutuhkan untuk mendirikan startup bisa diminimalisir jika kamu dan tim memiliki kemampuan yang dibutuhkan. Yang perlu kamu persiapkan adalah ide yang ingin kamu wujudkan, apakah akan bermanfaat dan menghasilkan uang atau tidak.

Beberapa startup pemula sering lupa bahwa pendapatan adalah hal utama. Usahamu akan sia-sia jika startup-mu tidak menghasilkan uang. Diskusikan dengan tim untuk strategi bisnisnya. Lho, aku kan mahasiswa jurusan TI? Ya, itulah gunanya temanmu dengan jurusan yang berbeda. Kamu bisa mengoptimalkan kemampuan mereka.

Itu tadi 7 bisnis yang worth trying jika kamu kuliah di jurusan TI. Kamu bisa memulai bisnismu sejak duduk di bangku kuliah, lho. Masa kuliah adalah masa emas untuk belajar. Jika bisnismu gagal, anggap saja masih dalam tahap belajar. Mulai lagi dan jangan sampai meneyerah!

Membangun bisnis memang banyak manfaatnya. Kamu bisa membuka lowongan kerja dan mengurangi beban pemerintah. Selain itu, kamu bisa belajar mandiri untuk mendapatkan uang. Yuk, coba bangun bisnis sendiri! Siapa tahu kamu bisa jadi pengusaha sukses di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *